Naik Paralayang Bandung

13 September 2020 74x Artikel

Beranda » Artikel » Naik Paralayang Bandung

Paralayang ialah sebuah aktivitas terbang bebas yang juga termasuk ke dalam salah satu cabang olahraga, memakai parasut atau sayap kain yang lepas landas menggunakan kaki dengan tujuan untuk kompetisi atau rekreasi semata. Sebenarnya olah raga ini sudah ada sejak tahun 1980-an, sedangkan kejuaraan dunia kali pertamanya dilangsungkan di Kossen, Austria, tahun 1989.

Lokasi lepas landas olahraga paralayang sendiri biasanya dari sebuah gunung atau lereng bukit dengan memanfaatkan tenaga angin. Adapun angin yang dimanfaatkan sebagai daya angkat agar parasut terbang tinggi ke angkasa sendiri, terdiri dari 2 macam diantaranya angin naik akibat gaya thermal dan angin naik akibat menabrak lereng atau disebut dynamic lift.

Dengan menggunakan kedua sumber tersebut, maka penerbang pun bisa terbang tinggi hingga mencapai jarak cukup jauh. Menariknya lagi, semua itu dilakukan tanpa memakai mesin, dan semata-mata hanya memanfaatkan tenaga angin saja.

Lihat juga artikel kami yg lain :

Peralatan Paralayang

Untuk peralatan paralayang sendiri sangat ringan, keseluruhan berat perlengkapannya mencapai 10-15 kg, mulai dari helmet, parasut, parasut cadangan dan harness. Perlengkapan paralayang juga tergolong sangat praktis sebab bisa dimasukkan dalam tas ransel ang bisa digendong. Selain itu, ada beberapa peralatan tambahan untuk terbang, seperti peta lokasi terbang, windmeter, GPS, radio/HT, variometer, dan lain sebagainya.
Sementara perlengkapan pakaian untuk terbang yang dibutuhkan, mulai dari sarung tangan, sepatu boot, dan flight suit/baju terbang. Jenis parasutnya sendiri tergantung pada berat dan tingkat kemampuan dari penerbang. Ada 3 jenis parasut yang digunakan dalam paralayang, diantaranya parasut penerbang mahir, parasut penerbang menengah, dan parasut pemula.

Dalam memilih ukuran parasut harus menyesuaikan bobot penerbangnya. Ada beberapa ukuran yang tersedia, paling besar LL, L, M, S, dan paling kecil XS. Untuk ukuran LL sendiri biasanya digunakan saat terbang berdua. Selain itu, konsep terbang olahraga ini sederhana namun mengagumkan, biasanya terbuat dari material kain nylon dibentuk aerofoil atau sayap yang dihubungkan dengan tali-tali sebagai cantolan untuk tempat duduk para penerbang.
Dengan gerakan melintasi udara bebas, membuat lembaran kain akan menggembung dan menciptakan tekanan serta membentuk sayap sehingga akhirnya bisa diterbangkan.

Tips Naik Paralayang Bandung

Bandung merupakan salah satu kota destinasi tempat paralayang. Maka dari itu, Anda bisa mencoba menaiki paralayang Bandung, dengan mempersiapkan beberapa tips berikut ini terlebih dahulu :

Mempersiapkan Kondisi Fisik

Sebelum melakukan aktivitas ini, Anda harus mempersiapkan kondisi fisik terlebih dahulu. Memiliki tubuh yang fit merupakan syarat utama yang harus dipenuhi untuk melakukan olahraga ini.

Pilih Operator Berkualitas

Ada banyak operator paralayang yang menawarkan paket olahraga ini. Operator paralayang berkualitas dan baik umumnya mempunyai pemandu/instruktur bersertifikasi Federasi Aero Sport Indonesia atau FASI. Pakai Perlengkapan Paralayang Dengan Lengkap

Untuk menaiki paralayang, tentu saja Anda tidak terbang sendirian. Umumnya Anda akan ditemani oleh seorang pemandu saat melakukan penerbangan. Untuk peralatan utama yang dibutuhkan ialah parasut utama beserta cadangannya, helmet, sarung tangan dan harness. Selain itu, jangan lupa pula untuk memakai sepatu ringan dan jangan menggunakan sandal jepit. Sementara peralatan pendukungnya diantaranya seperti windmeter, GPS, radio atau HT, dan lain sebagainya biasana sudah dipakai oleh pemandu.

Pahami dan Patuhi Instruksi dari Pemandu Ketika Take Off

Biasanya pemandu yang akan menemani penerbangan, duduk tepat di belakang Anda. Selanjutnya pemandu mengendalikan gerakan pada parasut samapi ke lokasi pendaratan. Sehingga diperlukan kerja sama pemandu dan penerbang ketika take off, kemudian saat terbang di udara serta saat landing.

Ketika take off, Anda harus mengikuti aba-aba yang diberikan pemandu. Jangan berhenti dan melompat jika tidak diminta berhenti. Proses mulai dari lari sampai terbang akan terasa sangat seru.

Patuhi Instruksi Pemandu Ketika Mendarat

Selain ketika di udara atau take off, Anda juga harus berkoordinasi dengan baik bersama pemandu ketika landing. Jika parasut ketinggiannya mulai merendah, biasanya pemandu akan meminta bersiap-siap untuk mengikuti instruksinya.
Itulah beberapa hal yang harus Anda ikuti ketika melakukan olahraga paralayang pertama kali. Naik paralayang Bandung bisa menjadi pilihan para pemula yang ingin mencoba aktivitas ini!

Paket Wisata Paralayang di Berbagai Daerah :

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.